Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Ampas Kopi (Coffea arabica L.) sebagai Nutrisi Hidroponik pada Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.)

Adelia, Ayu (2020) Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Ampas Kopi (Coffea arabica L.) sebagai Nutrisi Hidroponik pada Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_AYU_ADELIA_16032060_2449_2020.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Pakcoy (Brassica rapa L.) adalah jenis tanaman sayur-sayuran yang termasuk keluarga Brassicaceae. Kandungan yang terdapat pada pakcoy yaitu kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, Ca, P, Fe, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Banyaknya permintaan sayuran khususnya pakcoy tidak diimbangi dengan luasnya lahan pertanian untuk bercocok tanam. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk budidaya tanaman pakcoy yaitu secara hidroponik yang tidak memerlukan lahan yang luas, bisa juga dilakukan di pekarangan atau di teras rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik dalam sistem hidroponik dan dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengganti pupuk anorganik (pupuk kimia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair ampas kopi (Coffea arabica L.) sebagai nutrisi hidroponik pada tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) Penelitian ini menggunakan rancangan Acak lengkap (RAL). Perlakuan terdiri atas 5 taraf, yaitu 1 dosis AB Mix, ½ dosis AB Mix+5 mL POC ampas kopi, ½ dosis AB Mix+10 mL POC ampas kopi, 5 mL POC ampas kopi dan 10 mL POC ampas kopi. Pemberian 1 dosis AB Mix memberikan hasil yang terbaik pada jumlah daun, tinggi tanaman, luas daun dan berat basah dan berat kering tanaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian nutrisi hidroponik (AB Mix) berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) namun pertumbuhannya lebih rendah dibandingkan dengan pemberian nutrisi hidroponik (AB Mix).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:20
Last Modified: 20 Apr 2021 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31147

Actions (login required)

View Item View Item