Faktor Kesulitan Menulis Sakubun Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang

Sari, lntan Permata (2021) Faktor Kesulitan Menulis Sakubun Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_INTAN_PERMATA_SARI_16180029_399_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dibagikan pada mahasiswa yang mana mengalami kesulitan menulis sakubun.Penelitian ini bertujan untuk: mendeskripsikan apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan menulis sakubun dengan dua faktor kesulitan (I) faktor dari segi komposisi dengan empat indikator (a) kesulitan membuat kerangka karangan (b) kesulitan proses mengarang (c) kesulitan menentukan jenis karangan (d) kesulitan menentukan alur karangan dan (2) faktor dari segi linguistik dengan empat indikator pula (a) kesulitan terkait huruf (b) kesulitan terkait kosakata ( c) kesulitan terkait kalimat (d) kesulitan menggunakan ragam bahasa. Penelitian ini adalah penelitian gabungan (mix method) dengan metode deskriptif.Data dari penelitian ini adalah kesulitan mahasiswa menulis sakubun, sedangkan sumber data diambil dari hasil angket yang dibagikan kepada 32 orang mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jepang Univeritas N egeri Padang sebanyak 24 pemyataan.Penelitian ini menggunakan angket tertutup dibagikan dengan menggunakan google form.Hasil dari penelitian ini pada faktor komposisi (kerangka karangan, proses mengarang, jenis karangan, alur karangan) kesulitan ada pada semua aspek (kecuali jenis karangan) dan faktor linguistik (huruf, kosakata, kalimat, ragam bahasa) kesulitan ada pada semua aspek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:20
Last Modified: 20 Apr 2021 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31143

Actions (login required)

View Item View Item