Pengembangan E-Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XII SMA

Pradipta, Aruna (2020) Pengembangan E-Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ARUNA_PRADIPTA_16035057_1590_2020.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Nasional abad 21 bertujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Salah satu cara pemerintah memajukan dunia pendidikan adalah melakukan perubahan kurikulum, hingga diberlakukan kurikulum 2013. Pembelajaran abad 21 sangat mengharapkan pembelajaran yang mampu berpikir kritis. Berpikir kritis adalah faktor utama dalam pembelajaran fisika. Namun kenyataannya di lapangan berdasarkan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, keterampilan kemampuan pemecahan masalah siwa masih rendah, dan hasil belajar siswa masih rendah. Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penelitian meta analisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran fisika terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran efek penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan lima kategori yaitu jenjang kelas, materi, dan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Data yang dianalisis merupakan data sekunder yang diperoleh dari penelitian-penelitian sebelumnnya. Artikel dari penelitian ini terdiri dari artikel nasional dan artikel internasional. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan ukuran efek pada masing-masing artikel. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa pengaruh penggunaan model pemebelajaran berbasis masalah dapat disimpulkan bahwa ada tiga hasil penelitian. Pertama, pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada jenjang kelas X dengan rata 1,22 dalam kategori tinggi, pada jenjang kelas XI dengan rata-rata 1,71 dalam kategori tinggi. Kedua, pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan m

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:19
Last Modified: 20 Apr 2021 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31136

Actions (login required)

View Item View Item