Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 10 Padang

Wardi, Intan Muthia (2021) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_INTAN_MUTHIA_WARDI_15029070_1017_2020.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika seharusnya dimiliki oleh peserta didik sebagai kemampuan dasar dalam belajar matematika. Dalam pelaksanaan di sekolah pembelajaran masih terpusat pada guru, guru aktif memberikan informasi kepada peserta didik, sedangkan peserta didik masih pasif dalam pembelajaran, sehingga mengakibatkan pemahaman konsep peserta didik rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik adalah dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 10 Padang tahun pelajaran 2019/2020. J enis peneliltian yang diterapkan adalah kuasi eksperimen dan deskriptif dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII SMPN 10 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelas VIII G dan sebagai kelompok kontrol adalah kelas VIII F. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, dengan tarafkesalahan 5%, terlihat tidak ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep. Tetapi untuk kesalahan 20% dapat dikatakan terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadap pemahaman konsep. Artinya, diantara 100 orang 20 orang yang tidak terpengaruh pendekatan CTL terhadap pemahaman konsep. Hal ini disebabkan oleh faktor lain yang tidak dapat dikendalikan peneliti.Sehingga penelitian ini masih dapat digunakan jika a nya di perbesar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:19
Last Modified: 20 Apr 2021 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item View Item