Pembuatan Modul Fisika Berbasis Pendekatan SETS pada Materi Pemanasan Global dengan Konsep zerowaste lifestyle (pola hidup minim sampah)untuk Peserta Didik SMA/MA Ke las XI

Harahap, Dian lndah Aulia (2021) Pembuatan Modul Fisika Berbasis Pendekatan SETS pada Materi Pemanasan Global dengan Konsep zerowaste lifestyle (pola hidup minim sampah)untuk Peserta Didik SMA/MA Ke las XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DIAN_INDAH_ AULIA H_15033002_605_2020.pdf

Download (926kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan terjadinya perubahan pada kepribadian dan kebiasaan masyarakat. Perkembangan teknologi akan mempengaruhi dunia pendidikan dari sisi kelembagaan, materi, guru, metode, sarana prasarana dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi tantangan yang hams dijawab oleh dunia pendidikan. Dalam Kurikulum 2013, pembelajaran adalah proses belajar interaktif dimana peserta didik tidak hanya berinteraksi dengan pendidik tapi juga dengan sumber belajar, sarana prasarana berupa teknologi, dan lingkungan. Sebagaimana orientasi pengembangan kurikulum 2013 dimana pembelajaran dituntut mampu menyeimbangkan tiga kompetensi peserta didik diantaranya kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan, di samping cara belajar yang holistik dan menyenangkan. Berdasarkan analisis penulis pada buku fisika yang digunakan disekolah terlihat bahwa konsep yang disajikan masih cenderung pada aspek kompetensi pengetahuan saja, sedikit ditemukan perpaduan materi sains, teknologi, lingkungan hidup, dan masyarakat yang dihubungkan dengan materi pemanasan global yang seharusnya mampu meningkatkan kompetensi sikap dan keterampilan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Modul Fisika berbasis Pendekatan "science environment technology and society "(SETS) yang diharapkan mampu memperbaiki sikap dan keterampilan siswa, serta mampu mengubah cara pandang dan perilaku siswa dalam pengelolaan lingkungan. J enis penelitian iniadalah "Research&Development" (R&D) dengan menggunakan model Plomp. Penilaiankevalidan moduldiperoleh dari 3 dosen Fisika FMIP A UNP sebagai tenaga ahli, serta nilai kepraktisan one to one dan small groupdiperoleh dari siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar uji validitas dan uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis datapenelitian, maka diperoleh hasil berupa Modul Fisika berbasis pendekatan SETS dengan konsep zerowaste lifestyleyang memiliki nilai rata-rata 91,52 dengan kategori tingkat kevalidan yang sangat valid. Kemudian, dari segi penggunaan memilikinilai rata-rata kepraktisan pada tahap one to one 77, 19 dengan kategori cukup praktis. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada komponen penilaian kepraktisansmall group adalah 81,87 dengan kategori praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Modul Fisika berbasis pendekatan SETS dengan konsep zerowaste lifestyke pada materi pemanasan global adalah valid, dan praktis digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:19
Last Modified: 19 Apr 2021 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31128

Actions (login required)

View Item View Item