Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Padang Tahun Masuk 2019 dalam Memilih Program Studi Menggunakan Analisis Faktor

Hulzanah, Milta (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Padang Tahun Masuk 2019 dalam Memilih Program Studi Menggunakan Analisis Faktor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_MILTA_HULZANAH_16037027_618_2020.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

Banyaknya perguruan tinggi di Indonesia memyebabkan terjadinya persaingan yang ketat dalam mendapatkan calon mahasiswa, berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki perguruan tinggi akan dikerahkan semaksimal mungkin untuk menghadapi persaingan tersebut. Persaingan inilah yang menyebabkan perguruan tinggi memiliki cara tersendiri untuk memenangkan persaingan pasar yang di sebut strategi pemasaran. Salah satu perguruan tinggi di Indonesia adalah Universitas Negeri Padang (UNP). UNP mempunyai peluang yang sama dengan perguruan tinggi lainnya untuk dipilih oleh calon mahasiswa dalam melanjutkan studinya. Banyak faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih program studi oleh karena itu, perlu dicari faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih program studi di FMIP A UNP. Salah satu analisis statisik yang dapat menerangkan hubungan antara sejumlah faktor yang saling ketergantungan adalah analisis faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk model analisis faktor dan faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih program studi di FMIP A UNP. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FMIP A UNP tahun masuk 2019 yang aktif semester Juli-Desember 2019. Sampel penelitian ini sebesar 316 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan metode pengambilan sampel proportional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari 14 pemyataan dengan skala likert. Penelitian ini dimulai dengan mentransformasikan data, kemudian dicari rata-rata pervariabelnya serta dianalisis dengan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh empat faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih program studi di FMIPA UNP. Pada faktor keunggulan yang mempengaruhi adalah biaya kuliah, citra atau image dan kelas intemasional, sedangkan pada faktor personal adalah beasiswa, peluang kerja, cita-cita dan minat, faktor sosial adalah rekomendasi dari keluarga dan rekomendasi dari guru dan faktor produk adalah akreditasi dan lokasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:19
Last Modified: 19 Apr 2021 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31126

Actions (login required)

View Item View Item