Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Problem Based Learning) pada Materi Hidrolisis Garam

Syafira, Annisa (2020) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Problem Based Learning) pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ANNISA_SYAFIRA_16035103_3509_2020.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan target capaian Kurikulum 2013, kecakapan abad 21 juga menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan 4C yaitu critical thinking, creativity, communication and colaboration. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis penyelesaian masalah (PBL) melalui pendekatan STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD terintegrasi STEM-PBL pada materi Hidrolisis Garam dan menentukan validitas dan praktikalitas LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4D. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket praktikalitas. Data validitas dianalisis dengan menggunakan indeks Aiken V dan data praktikalitas dianalisis menggunakan momen kappa. Berdasarkan hasil analisis lembar validitas yang dilakukan oleh 5 orang validator diperoleh indeks Aiken V berada pada kategori valid dan sedang. Hasil analisis angket praktikalitas oleh guru diperoleh nilai momen kappa sebesar 0,73 dengan kategori kepraktisan tinggi dan hasil analisis angket praktikalitas oleh 9 orang peserta didik kelas XII diperoleh nilai momen kappa sebesar 0,92 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil data mengungkapkan bahwa LKPD terintegrasi STEM-PBL valid dan sedang serta praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Kimia, terutama materi Hidrolisis Garam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:18
Last Modified: 19 Apr 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31118

Actions (login required)

View Item View Item