Kontribusi Keterampilan Membaca Apresiatif Teks Cerita Fantasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Oktavia, Nining (2020) Kontribusi Keterampilan Membaca Apresiatif Teks Cerita Fantasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NINING_OKTAVIA_15016121_2336_2020.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca apresiatif teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi membaca apresiatif teks cerita fantasi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu 54 oranig siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dari populasi, yaitu 54 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca Apresiatif teks cerita fantasi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita fantasi. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca apresiatif teks cerita fantasi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks cerita fantasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut ada tiga hal. Pertama, keterampilan membaca apresiatif teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kediua, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, keterampilan membaca apresiatif teks cerita fantasi kontribusi sebesar 21,25% terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII Negeri 13 Padang, diperlukan keterampilan membaca apresiatif teks cerita fantasi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:18
Last Modified: 19 Apr 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31117

Actions (login required)

View Item View Item