Komparasihasil belajar menggunakan video berbasis CTL dan PPT di SMA Adabiah pada materi hukum Newton tentang gerak dan Gravitasi

Fitri, Annisa (2020) Komparasihasil belajar menggunakan video berbasis CTL dan PPT di SMA Adabiah pada materi hukum Newton tentang gerak dan Gravitasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANNISA_FITRI_16033005_1658_2020.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dapat dipenuhi dengan penggunaan media pembelajaran yang dapat menunjung proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi infornasi dan komunikasi. Berkaitan erat dengan sarana prasarana dan standar proses. Media pembelajaran yang dibutuhkan dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada saat ini adalah media pembelajaran yang dapat membuat siswa belajar secara aktif.Pembelajaran Fisika adalah salah satu pembelajaran sains yang mempelajari fenomena yang ada di sekitar kita.Hal hal yang kita temukan di sekitar kita tidak terlepas dari konsep dan hukum fisika sehingga pembelajaran fisika bisa dilakukan dengan pendekatan kontekstual.Siswa dapat mengaplikasikan konsep fisika dalam kehidupan sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna. Namun, kondisi nyata disekolah menunjukkan bahwa pembelajaran belum melaksanakan pembelajaran kontektual, hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran disekolah belum menerapkan kurikulum 2013 dengan optimal. Salah satu solusi dari masalah ini adalah menerapkan video berbasis CTL dan PPT pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan video berbasis CTL dan PPT SMA Adabiah Padang pada materi hukum Newton tentang gerak dan gravitasi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu.Desain penelitian adalah Randomized Control-Group Only Design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, dan X IPA 4.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas video berbasis CTL dan kelas X IPA 3 sebagai kelas PPT. Penelitian ini mengamati aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan dilanjutkan dengan menganalisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang menerapkan Video berbasis CTL lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang menerapkan PPT di SMA Adabiah Padang pada materi hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi, dengan taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:18
Last Modified: 19 Apr 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31114

Actions (login required)

View Item View Item