Studi Motivasi Belajar Intrinsik dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang

Widayati, Radila (2021) Studi Motivasi Belajar Intrinsik dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RADILA_WIDAYATI_1205626_847_2020.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah proses penting dalam memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan terjadi di sekolah melalui proses pembelajaran yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal adalah motivasi yaitu dorongan yang dimiliki seseorang untuk melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan. Motivasi belajar berfungsi untuk menimbulkan dan mengarahkan perbuatan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Motivasi belajar intrinsik adalah motivasi dari dalam diri peserta didik yang mendorong untuk mengikuti proses pembelaj aran dengan aktif karena adanya kebutuhan dan cita-cita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar intrinsik dengan hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada J anuari 2020 di SMPN 13 Padang. Sampel penelitian terdiri dari 54 siswa dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dimana sampel diambil sebesar 20% dari setiap kelas berdasarkan klasifikasi nilai hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah angket motivasi belajar intrinsik. Data penelitian ini dianalisis menggunakan rumus uji korelasi Pearson Product Moment, kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui koefisien korelasi signifikan atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar intrinsik dengan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN13 Padang dengan nilai r 0,55. Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara motivasi belajar intrinsik dengan hasil belajar IPA peserta didik yang memiliki klasifikasi tinggi yaitu nilai thitung 0,80<t1abel 2,12, tetapi terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar intrinsik dengan hasil belajar IPA peserta didik yang memiliki klasifikasi sedang dengan thitung 3, 61 >ttabel 2, 12 dan rendah dengan thitung 5,33>ttabel 2, 12.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:18
Last Modified: 19 Apr 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31109

Actions (login required)

View Item View Item