Preparasi dan Karakterisasi Komposit Karbon aktif Kulit Durian(Durio zibethinus) - Tembaga (II) Oksida (CuO) Sebagai Material Termoelektrik

Azizah, Fitria (2021) Preparasi dan Karakterisasi Komposit Karbon aktif Kulit Durian(Durio zibethinus) - Tembaga (II) Oksida (CuO) Sebagai Material Termoelektrik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_FITRIA_AZIZAH_16036074_183_2020.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan energi listrik terns meningkat, perlu dicari altematif untuk menghasilkan energi listrik terbarukan salah satunya menggunakan material termoelektrik. Material termoelektrik merupakan material yang dapat digunakan untuk mengkonversi energi panas menjadi energi listrik. Pada penelitian ini material termoelektrik dibuat dari komposit karbon aktif kulit durian (Durio zibethinus)-CuO. Material komposit Karbon Aktif-CuO dibuat dengan mencampurkan berbagai perbandingan komposisi massa (gram). Material komposit dilakukan pengujian konduktivitas listrik, daya hantar panas dan tegangan listrik yang dihasilkan (efek Seebeck). Untuk melihat bentuk dan ukuran kristal dari material komposit dilakukan karakterisasi dengan menggunakan X-Ray Diffraction (XRD) dan untuk mengetahui band gap material komposit dilakukan karakterisasi dengan menggunakan UV-Diffuse Reflectance (UV-DRS). Hasil pengujian menunjukan bahwa material komposit dengan perbandingan 3 gram Karbon Aktif : 7 gram CuO merupakan material terbaik sebagai material termoelektrik karena memiliki nilai konduktivitas listrik yang tinggi yaitu 2, 192 MQ-.cm- dengan daya hantar panas yang rendah yaitu 10.85 J/s serta tegangan listrik (efek Seebeck) yaitu 11,89 x 10-3 mV/K. Hasil karakterisasi menggunakan XRD menunjukan bahwa penambahan Karbon Aktif terhadap CuO tidak merusak bentuk kristal dari CuO dan ukuran kristal (D) dan kisi kristal (d) dari material komposit yaitu 27,4176 nm dan 0,2318 nm. Hasil karakterisasi UV-DRS menunjukan bahwa band gap dari material komposit yaitu 1,18 eV. Berdasarkan hasil pengujian dan karakterisasi dapat disimpulkan bahwa material komposit Karbon Aktif-CuO yang dibuat dapat digunakan sebagai material termoelektrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:18
Last Modified: 19 Apr 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31108

Actions (login required)

View Item View Item