Studi Literatur tentang Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA

Nofira, Anisa (2020) Studi Literatur tentang Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ANISA_NOFIRA_16031081_2798_2020.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir yang harus dilatih pada peserta didik antara lain kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis penting dikuasai peserta didik agar lebih terampil dalam menyusun sebuah argumen, memeriksa kredibilitas sumber, atau membuat keputusan. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa artikel terkait, kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah, permasalahan tersebut juga disebabkan pada proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Model pembelajaran yang memiliki sintaks berpusat pada peserta didik serta mampu melatih kemampuan berpikir kritis adalah SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keekfetifan penerapan model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan mencari referensi yang relevan dengan permasalahan. Artikel yang dianalisis terpilih sebnyak 5 artikel yang terakreditasi sinta. Artikel yang dipilih berdasarkan kategori yaitu artikel yang memiliki indikator berpikir kritis. Tahap dalam analisis ini terdiri dari tiga diantaranya reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil studi literatur terkait artikel yang dianalisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA/MA. Hal ini terbukti dari penelitian Dede Julia, Sri Hartati & Hadiansah (2015), Fahriyah Fahmawati, Rusdi, Ratna Komala (2017), Runisah (2019), Susi Afriyeni, Saleh Haji, Connie (2017), Risdawati (2017).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:18
Last Modified: 19 Apr 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31107

Actions (login required)

View Item View Item