Syafei, Suci Sukmawati (2021) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-ProjectBased Learning) pada Materi Termokimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_7_SUCI_SUKMAWATI_SYAFEI_15035084_438_2020.pdf Download (709kB) | Preview |
Abstract
Salah satu tujuan dari pendidikan nasional tidak hanya mengharapkan peserta didik memiliki pengetahuan, akan tetapi juga memiliki keterampilan dan pengembangan sikap yang baik. Hal tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan menerapkan pembelajaran terintegrasi STEMPjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning). Berdasarkan karakteristik fakta, konsep, prinsip dan prosedur materi yang dapat diterapkan dengan STEMPjBL yaitu Termokimia. Selain itu Termokimia juga menjadi salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik dan tergolong materi yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD terintegrasi STEMPjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) pada materi Termokimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model 4D, yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) define (Pendefenisian), (2) design (Perancangan), (3) develop (Pengembangan), dan (4) disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi hingga uji validitas dan uji praktikalitas, dengan menggunakan instrumen validitas dan praktikalitas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran angket dan analisis data hasil penelitian menggunakan formula kappa Cohen. Berdasarkan hasil analisis angket validitas diperoleh nilai kappa sebesar 0,816 dengan kategori sangat tinggi dan hasil angket praktikalitas dari respon guru dan peserta didik berturutturut sebesar 0,837 dan 0,855 dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa, LKPD terintegrasi STEMPjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics- Project Based Learning) pada materi Termokimia yang dihasilkan telah valid dan praktis, sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti, S.IP |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 02:18 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 02:18 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31100 |
Actions (login required)
View Item |