Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM­ PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-ProjectBased Learning) pada Materi Termokimia

Syafei, Suci Sukmawati (2021) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM­ PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-ProjectBased Learning) pada Materi Termokimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SUCI_SUKMAWATI_SYAFEI_15035084_438_2020.pdf

Download (709kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan dari pendidikan nasional tidak hanya mengharapkan peserta didik memiliki pengetahuan, akan tetapi juga memiliki keterampilan dan pengembangan sikap yang baik. Hal tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan menerapkan pembelajaran terintegrasi STEM­PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning). Berdasarkan karakteristik fakta, konsep, prinsip dan prosedur materi yang dapat diterapkan dengan STEM­PjBL yaitu Termokimia. Selain itu Termokimia juga menjadi salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik dan tergolong materi yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD terintegrasi STEM­PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) pada materi Termokimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model 4­D, yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model 4­D terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) define (Pendefenisian), (2) design (Perancangan), (3) develop (Pengembangan), dan (4) disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi hingga uji validitas dan uji praktikalitas, dengan menggunakan instrumen validitas dan praktikalitas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran angket dan analisis data hasil penelitian menggunakan formula kappa Cohen. Berdasarkan hasil analisis angket validitas diperoleh nilai kappa sebesar 0,816 dengan kategori sangat tinggi dan hasil angket praktikalitas dari respon guru dan peserta didik berturut­turut sebesar 0,837 dan 0,855 dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa, LKPD terintegrasi STEM­PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics- Project Based Learning) pada materi Termokimia yang dihasilkan telah valid dan praktis, sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:18
Last Modified: 19 Apr 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31100

Actions (login required)

View Item View Item