Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 32 Padang

Afriyanto, Afriyanto (2021) Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 32 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AFRIYANTO_16016088_500_2021.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Peneltian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks deskripsi siswa kela VII SMP Negeri 32 Padang. Kedua, mendeskripsikan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa struktur dan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa. Sumber data penelitian adalah tulisan teks deskripsi siswa kelas VII 32 Padang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melaui studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah tringualasi (cross-chek). Data dianalisis dengan langkah-langkah, yaitu (1) peneliti mengidentifikasi unsur umum yang terdapat dalam teks deskripsi, (2) menganilisis teks berdasarkan aspek yang diteliti, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa, (3) basil analisis peneliti diperiksa atau di eek kembali oleh informan tringualasi, (4) membuat kesimpulan. Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Padang lebih banyak menggunakan stuktur teks deskripsi pada bagian identifikasi, sedangkan pada bagian deskrisi umum dan kesimpulan ditemukan beberapa siswa yang tidak menuliskannya dalam teks deskripsi yang seharusnya ditulis siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:17
Last Modified: 19 Apr 2021 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31092

Actions (login required)

View Item View Item