Harsani, Azura Carolina (2021) Kajian Keterampilan Proses Sains Pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_5_ AZURA_CAROLINA_HARSANI_16033087_518_2020.pdf Download (955kB) | Preview |
Abstract
Pada Pembelajam Fisika Kurikulum 2013 lebih menekankan pada pembelajaran Proses menggunakan pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Pesrta Didik. Berdasarkan hasil observasi dilapangan didapatkan bahwa Keterampilan proses belum berjalan dengan maksimal. Observasi yang dilakukan berupa wawancara terhadap guru dan peserta didik pada tiga sekolah yang ada dikota padang, hasil yang didapatkan pada wawancara terhadap guru dan peserta didik masih dikategorikan rendah. Dari berbagai media dan sumber yang ada. Sumber belajar yang menjadi pedoman utama guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran adalah buku Teks Pelajaran. Namun, buku teks yang digunakan pada SMA di Sumatera Barat Sangatlah beragam, dan belum diketahui buku mana yang dapat memfasilitasi terlaksananya KPS. untuk mengetahui buku teks yang digunakan oleh sekolah sekolah maka dilakukan survey. Setelah dilakukan survey didapatkan 4 Buku terbanyak yang digunakan dan yang direkomendasikan oleh pemerintah. Instrumen Penelitiann menggunakan indikator Keterampilan Proses yang terdapat pada materi Listrik arus serah, Listrik statis, Medan magnetik, Induksi elektromagnetik, Rangkaian arus bolakbalik, dan Gelombang elektromagnetik. Pada instrumen yag digunakan tersebut terdapat 10 komponen keterampilan proses Sains menurut Rustaman, yang dijabarkan menjadi 32 indikator Keterampilan Proses. Setiap Indikator dijabarkan menjadi butir Instrumen. Instrumen sudah divalidasi oleh tiga ahli. Pada ahli pertama didapatkan hasil skor 0,98% dengan kategori sangat valid, pada ahli kedua didapatkan skor 0,96% dengan kategori sangat valid, dan pada ahli ketiga didapatkan skor 0,85% dengan kategori sangat valid. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen, teknik analisis data yang digunakan kajian isi. Hasil Penelitian diperoleh bahwa Buku Teks Pelajar Fisika KKGR merupakan buku yang memiliki sajian KPS tertinggi yaitu dengan ratarata presentase 51,8% dengan kategori cukup memfasilitasi, sedangkan buku MKER merupakan buku yang memiliki tingkat sajian KPS paling rendah yaitu dengan ratarata presentase 44,56% dengan kategori cukup memfasilitasi Pada buku MK ER sajian Keterampilan tertingi terdapat pada materi Listrik Statis dengan 57,7% dikategorikan "Cukup Memfasilitasi", Pada buku KKGR sajian Keterampilan paling tinggi yaitu pada materi Listrik Statis dengan skor 58% dikategorikan "Cukup Memfasiliasi", dan pada buku SPYW Sajian Keterampilan KPS paling tinggi yaitu pada materi Listrik arus searah dengan skor 61,2% dikategorikan "Dapat Memfasiliasi".
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti, S.IP |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 02:17 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 02:17 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31088 |
Actions (login required)
View Item |