Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Keterampilan Proses Sains untukKelas XI Semester II SM.A/MA

Agustina, Agustina (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Keterampilan Proses Sains untukKelas XI Semester II SM.A/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AGUSNITA_1301440_848_2020.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan pembelajaran yang tidak hanya sekedar hafalan, tetapi merupakan pembelajaran yang memerlukan pemahaman yang tinggi dan juga membutuhkan praktikum untuk memperkuat teori. Pelaksanaan kegiatan praktikum akan lebih baik menggunakan panduan khusus yang memuat langkah­ langkah praktikum dan mengarahkan peserta didik melatih keterampilan proses sainsnya. Keterampilan proses sains yang dilakukan peserta didik akan membantu peserta didik memperoleh pengalaman langsung dari peristiwa belajar dan membantu peserta didik membangun konsep dari materi yang dipelajarinya. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan LKPD Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Kelas XI Semester II SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan Model pengembangan Plomp (2013) terdiri dari tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pengembangan atau tahap pembuatan prototype (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assessmentphase). Subjek penelitian yaitu 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, 2 orang guru biologi dan 31 orang peserta didik kelas XI SMAN 5 Padang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dalam bentuk deskriptif yang mendeskripsikan nilai validitas dan praktikalitas LKPD yang dikembangkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan LKPD Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk kelas XI semester II SMA/MA dengan nilai validitas LKPD 94, 15% kategori (sangat valid), baik dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas LKPD memiliki rata­rata nilai praktikalitas 93,44% (sangat praktis) oleh guru dan memiliki rata­rata nilai 84,62% (praktis) oleh siswa baik dari segi kemudahaan penggunaan, waktu pembelajaran dan manfaat. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk kelas XI semester II SMA/MA yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Apr 2021 06:26
Last Modified: 16 Apr 2021 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31085

Actions (login required)

View Item View Item