Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel

Nurmalia, Marisa (2020) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MARISA_NURMALIA_16016017_2517_2020.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai pendidikan karakter kerja keras, (2) nilai-nilai pendidikan karakter mandiri, (3) nilai-nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, (4) nilai-nilai pendidikan karakter menghargai prestasi, (5) nilai-nilai pendidikan karakter bersahabat, (6) nilai�nilai pendidikan karakter gemar membaca, (7) nilai-nilai pendidikan karakter peduli sosial, (8) nilai-nilai pendidikan karakter tanggung jawab, dan (9) nilai�nilai pendidikan karakter jujur yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah yaitu novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Data penelitian ini ialah satuan-satuan peristiwa dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini, sebagai pengamat sekaligus penelaah. Dalam penelitian ini tidak ada informan khusus. Instrumen utama penelitian ini ialah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi. Jenis observasi yang digunakan, yaitu observasi non-partisipan karena subjek yang diteliti adalah novel. Penganalisisan data penelitian ini disesuaikan dengan alur penganalisisan data penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat sembilan nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Pertama, terdapat nilai pendidikan karakter kerja keras dengan jumlah satuan peristiwa terbanyak yaitu 31. Kedua, nilai pendidikan karakter mandiri dengan satuan peristiwa 14. Ketiga, nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu dengan satuan peristiwa 16. Keempat, nilai pendidikan karakter menghargai prestasi dengan jumlah satuan peristiwa terbanyak kedua yaitu 30. Kelima, nilai pendidikan karakter bersahabat dengan satuan peristiwa 11. Keenam, nilai pendidikan karakter gemar membaca dengan satuan peristiwa 8. Ketujuh, nilai pendidikan karakter peduli sosial dengan satuan peristiwa 18. Kedelapan, nilai pendidikan karakter tanggung jawab dengan satuan peristiwa 14. Kesembilan, nilai pendidikan karakter jujur dengan satuan peristiwa 9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Apr 2021 01:02
Last Modified: 16 Apr 2021 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31083

Actions (login required)

View Item View Item