Optimasi Sumber Karbon dan Nitrogen Organik untuk Pertumbuhan Bakteri Endofit Tumbuhan Andalas (morus macroura Miq.) Isolat ATB 10-6 dan Produksi Senyawa Antijamur

Amelia, Vika (2021) Optimasi Sumber Karbon dan Nitrogen Organik untuk Pertumbuhan Bakteri Endofit Tumbuhan Andalas (morus macroura Miq.) Isolat ATB 10-6 dan Produksi Senyawa Antijamur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_VIKA_AMELIA_17032043_493_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Isolat ATB 10-6 merupakan bakteri endofit tumbuhan Andalas yang diketahui mampu menghasilkan senyawa aktif antijamur. Produksi senyawa aktif oleh bakteri endofit dapat dilakukan melalui proses fermentasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi fermentasi adalah medium, khususnya sumber nitrogen dan karbon. Setiap bakteri memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumber karbon dan nitrogen organik terhadap pertumbuhan bakteri endofit tumbuhan Andalas isolat ATB 10-6 dan produksi senyawa antijamur. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) Faktorial. Jenis karbon yang digunakan pada proses optimasi karbon adalah maltosa, glukosa, laktosa, amilum dan sukrosa. Selanjutnya, jenis nitrogen organik yang digunakan adalah Yeast Extract, Malt Extract, BeefExtract, dan Pepton Water. Kosentrasi sumber karbon yang digunakan 0,5% dan kosentrasi sumber nitrogen organik 1 %. Pertumbuhan bakteri diamati dengan mengukur Optical Density (OD), sedangkan aktivitas antijamur dilakukan dengan metode difusi kertas cakram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk pertumbuhan bakteri endofit Andalas, amilum adalah sumber karbon terbaik dan Yeast Extract sebagai sumber nitrogen organik terbaik. Tidak ada interaksi antara sumber karbon dan nitrogen organik dalam pertumbuhan bakteri. Selanjutnya, untuk produksi senyawa antijamur oleh bakteri endofit Andalas isolat ATB 1 o", maltosa dan amilum adalah sumber karbon terbaik dan Yeast Extract sebagai sumber nitrogen organik terbaik. Interaksi kedua nutrisi ini menunjukkan bahwa, amilum dan Yeast Extract adalah sumber nutrisi terbaik untuk produksi senyawa antijamur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Apr 2021 01:01
Last Modified: 16 Apr 2021 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31079

Actions (login required)

View Item View Item