Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Keterampilan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi secara Daring di SMAS IT Mutiara Duri

Wiranda, Sherina Dhafa (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Keterampilan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi secara Daring di SMAS IT Mutiara Duri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SHERINA_DHAFA_17031113_641_2021.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik di SMAS IT Mutiara Duri masih dalam kriteria minimal. Hal ini disebabkan peserta didik belum terlatih dalam mengembangkan keterampilan komunikasi ilmiah. Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik salah satunya yaitu model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TAPPS terhadap keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik pada pembelajaran daring di SMAS IT Mutiara Duri. J enis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XA3 sebagai kelas kontrol dan XA4 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes keterampilan komunikasi ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan uji ANCOVA dapat diketahui bahwa keterampilan esai ilmiah yang diperoleh signifikan dengan nilai yaitu 0,001 < 0,05. Keterampilan presentasi ilmiah peserta didik juga mengalami peningkatan pada pertemuan keempat dengan skor untuk kelas eksperimen yaitu 124 dan kelas kontrol yaitu 122. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAPPS berpengaruh positif terhadap keterampilan komunikasi ilmiah berupa esai ilmiah dan presentasi ilmiah peserta didik di kelas X SMAS IT Mutiara Duri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Apr 2021 01:00
Last Modified: 16 Apr 2021 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31076

Actions (login required)

View Item View Item