Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA

Lubis, Amalia Putri (2020) Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_AMALIA_PUTRI_LUBIS_16035056_2147_2020.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran merupakan salah satu variasi dalam mengerjakan soal latihan untuk memantapkan konsep siswa pada materi asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran pada materi asam basa serta menentukan tingkat validitas berdasarkan fungsi media. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop yaitu penentuan tingkat validitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas yang diberikan kepada dua orang dosen kimia UNP dan dua orang guru kimia SMAN 3 Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kemudian dianalisis menggunakan momen kappa Cohen. Hasil analisis data diperoleh bahwa permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran pada materi asam basa memiliki tingkat validitas sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga kimia yang dikembangkan sudah valid sebagai media pembelajaran pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Kata Kunci: Permainan Ular Tangga Kimia, Asam Basa, R&D, Model 4-D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Apr 2021 00:59
Last Modified: 16 Apr 2021 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31074

Actions (login required)

View Item View Item