Pengembangan Aplikasi Penilaian Keterampilan Kinerja Dilengkapi LKS Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Gerak Melingkar dan Hukum Newton Kelas X SMA/MA

Rizky, Alia (2020) Pengembangan Aplikasi Penilaian Keterampilan Kinerja Dilengkapi LKS Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Gerak Melingkar dan Hukum Newton Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ALIA_RIZKY_16033085_3501_2020.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Penilaian pada kurikulum 2013 ditinjau dari tiga aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian keterampilan memiliki beberapa penilaian yaitu penilaian kinerja, penilaian portofolio, penilaian produk dan penilaian kinerja. penilaian kinerja merupakan penilaian terhadap perolehan, penerapan pengetahuan dan keterampilan yang menunjukkan kemampuan siswa dalam proses. Kenyataan ditemukan di lapangan bahwa guru belum memanfaatkan teknologi serta belum menerapkan pembelajaran literasi dalam melakukan penilaian pada proses pembelajaran sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam menilai dan belum sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat aplikasi penilaian keterampilan kinerja yang berisi penilaian kinerja untuk membantu guru dalam proses penilaian pembelajaran dan LKS bermuatan literasi saintifik yang mana siswa diminta untuk memahami informasi secara kritis, analitis, dan reflektif. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk aplikasi penilaian keterampilan kinerja dan LKS bermuatan literasi saintifik pada materi teori gerak melingkar dan hukum newton yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan menggunakan model plomp yang dibatasi hingga tahap fase pengembanganatau pembuatan fenotip yaitu pada bagian penilaian ahli. Objek penelitian ini adalah aplikasi penilaian keterampilan kinerja dan LKS bermuatan literasi saintifik. Instrumen pengumpulan data dilakukan adalah dengan lembar angket analisis kebutuhan dan lembar angket validasi yang diisi oleh dosen fisika. Prosedur penelitian ini menggunakan langkah-langkah tahapan model plompyang terdiri dari tiga tahap yaitu : penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pengembangan atau pembuatan prototipe (prototyping stage) dan fase penilaian ( assessment phase) Berdasarkan pada data, analisis data dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan aplikasi penilaian keterampilan kinerja yang dinamakan “Physister” dan LKS bermuatan literasi saintifik telah divalidasi oleh tenaga ahli yang ditinjau dari lima komponen untuk aplikasi penilaian kinerja yaitu isi (garis besar aplikasi), kebahasaan, desain tampilan aplikasi, rekayasa perangkat lunak, dan komunikasi visual diperoleh kriteria sangat tinggi dan empat komponen untuk LKS yaitu kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafisan diperoleh kriteria sangat tinggi. Ini artinya aplikasi penilaian keterampilan kinerja dan LKS bermuatan literasi saintifik layak digunakan atau valid. Kata Kunci : Aplikasi Penilaian Keterampilan, Android, LKS Bermuatan Literasi Saintifik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Apr 2021 00:59
Last Modified: 16 Apr 2021 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31073

Actions (login required)

View Item View Item