Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Pembelajaran Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Kelas X SMA/ MA

Silaban, Agnes Basa Prolina (2020) Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Pembelajaran Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Kelas X SMA/ MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_AGNES_BASA_PROLINA_SILABAN_16035055_2255_2020.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Permainan scrabble kimia sebagai media pembelajaran merupakan salah satu media alternatif dalam mengerjakan soal latihan untuk memantapkan konsep siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan scrabble kimia sebagai media pembelajaran pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop dengan melakukan uji validitas permainan scrabble kimia yang dikembangkan. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket validasi terhadap dosen jurusan Kimia FMIPA UNP dan guru kimia SMA Negeri 12 Padang. Teknik analisis data menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil uji validitas media memiliki momen kappa (κ) sebesar 0,87 dengan kategori sangat tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa permainan scrabble kimia sebagai media pembelajaran pada materi reaksi reduksi dan oksidasi yang dikembangkan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:23
Last Modified: 15 Apr 2021 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31068

Actions (login required)

View Item View Item