Pengaruh Tehknik Probing-prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Peserta Didik Kelas XI SMA N 4 Padang

Afrizaldo, Afrizaldo (2020) Pengaruh Tehknik Probing-prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Peserta Didik Kelas XI SMA N 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AFRIZALDO_14029022_1585_2020.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan matematika yang digolongkan dalam kemampuan tingkat tinggi yang penting dimiliki oleh siswa. Kenyataannya pada kelas XI MIPA SMAN 4 Padang peserta didik belum dapat memahami masalah matematika yang disajikan dalam masalah sehari-hari, dan peserta didik tidak mampu untuk menentukan metode penyelesaian soal yang memerlukan pemahaman lebih. Masalah yang akan diteliti dirumuskan sebagai berikut “Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan mengunakan teknik probing-prompting lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung pada kelas XI MIPA SMA N 4 Padang”penelitian bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematispeserta didik yang belajar mengunakan teknik probing-prompting,serta melihat respon peserta didik saat guru mengajar menggunakan teknik probing-prompting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment, dengan desainRandomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 dan sampelnya adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 di SMAN 4 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data uji hipotesis dengan p-value 0,046 dan fakta hasil tes akhirdisimpulkan pengaruh tekhnik probing-promptingmengakibatkan peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dalam kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:23
Last Modified: 15 Apr 2021 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31066

Actions (login required)

View Item View Item