Efektivitas Model Pembelajaran Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 2 Padang Panjang

Rahman, Aditya (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ADITYA_RAHMAN_16035053_1582_2020.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Materi Larutan Penyangga masih sulit di pahami oleh siswa karena karakteristik larutan penyangga yang bersifat abstrak,matematis dan aplikatif sehingga guru harus memilih model pembelajaran yang tepat agar karakteristik tersebut terpenuhi.Pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa kendala seperti: kurang maksimalnya proses pembelajaran disebabkan hanya siswa pintar yang aktif dalam presentasi hasil diskusi serta belum terlihat kerjasama dan interaksi siswa dalam kelompok. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran Process Oriented GuidedInquiry Learning (POGIL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan efektivitas penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan Hasil Belajar peserta didik kelas XI SMAN 2 Padang Panjang pada materi Larutan Penyangga. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment research). Model rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 2 Padang Panjang tahun ajaran 2019/2020. instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes hasil belajar dalam penelitian ini adalah soal pilhan ganda ber alasan dengan lima pilihan jawaban. . Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji N-Gain, Uji Normalitas, Uji homogenitas dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian pada nilai gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai gain kelas kontrol. maka nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,7 ≥ 0,7 yang dapat dikategorikan tinggi dan rata-rata N-Gain kelas kontrol 0,6 < 0,7 yang dapat di kategorikan sedang. Pada uji normalitas menggunakan uji kolmogorov-Simarnov hanya nilai pretes kelas kontrol yang terdistribusi normal untuk nilai yang lain tidak terdistribusi normal. Berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh nilai Sig. (1-tailed) adalah 0,000. Nilai tersebut < 0,05, sehingga berdasarkan kriteria pengambilan Kesimpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran POGIL efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Padang Panjang pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:23
Last Modified: 15 Apr 2021 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31064

Actions (login required)

View Item View Item