Deskripsi Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA melalui Penggunaan Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing

Afikah, Adilah (2020) Deskripsi Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA melalui Penggunaan Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ADILAH_AFIKAH_16035097_1591_2020.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang menekankan pada proses belajar, aktivitas, dan kreativitas dari peserta didik untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Keterampilan proses sains tergolong ke dalam ranah psikomotorik yang penilainnya masih belum dilakukan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang keterampilan proses sains peserta didik melalui penggunaan modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitan kepustakaan (library research) yang menggunakan analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu jurnal ilmiah berupatasi berupa artikel. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan teknik analisis data berupa analisis isi (content analysis). Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggali ide, mencari informasi, mempertegas fokus penelitian, mengorganisasi bahan yang digunakan, mencari bahan bacaan, reorganisasi bahan, membuat catatan, review, memperkaya bacaan, dan reorganisasi bahan kembali serta menulis hasil penelitian. Modul dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid dapat memunculkan keterampilan proses sains peserta didik. Peserta didik yang melaksanakan kegiatan praktikum menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid memiliki keterampilan proses sains yang tinggi pada tiap indikatornya. Nilai rata-rata dari sepuluh indikator keterampilan proses sains peserta didik adalah 80,0 dengan kategori sangat baik. Indikator keterampilan proses sains yang memiliki hasil kemunculan paling tinggi ialah keterampilan klasifikasi/mengelompokkan dan merumuskan hipotesis. Diharapkan dengan penelitian ini keterampilan proses sains peserta didik menjadi lebih di pusatkan sehingga peserta didik memiliki sikap dan proses ilmiah yang baik dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:23
Last Modified: 15 Apr 2021 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31062

Actions (login required)

View Item View Item