Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 23 Padang

Mardayani, Nonsri (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NONSRI_MARDAYANI_15029108_664_2020.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki peserta didik. Namun, fakta di lapangan menunjukkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 23 Padang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi, pelaksanaan pembelajaran cenderung berpusat kepada pendidik, sehingga mereka tidak dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap kerja sama dan rasa tanggung jawab peserta didik dengan sesama anggota kelompok dalam memahami materi dan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 23 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan static group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 23 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 205 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat pemahaman konsep matematis peserta didik. Dari hasil analisis data model pembelajaran koopertaif tipe STAD berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik, ini dibuktikan dengan diperoleh P-value = 0,000 kurang dari a = 0,05 karena P-value < a maka Ho ditolak, artinya pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:23
Last Modified: 15 Apr 2021 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31061

Actions (login required)

View Item View Item