Sistem Penyaliran Tambang dalam Menanggulangi Air Limpasan Alami dan Air Limpasan Terganggu di Open Channel Pit II Blok Utara PT. Tamarona Mas Internasional, Kecamatan Mandiangin

Chandraleksmana, Eko (2021) Sistem Penyaliran Tambang dalam Menanggulangi Air Limpasan Alami dan Air Limpasan Terganggu di Open Channel Pit II Blok Utara PT. Tamarona Mas Internasional, Kecamatan Mandiangin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
11_A_EKO_CHANDRA_LEKSMANA_19137074_395_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Curah hujan yang tinggi pada lokasi rencana penambangan dapat menghambat kegiatan operasional penambangan dalam mencapai target produksi 500.000 MT/ tahun. Diperlukan perencanaan sistem penyaliran tambang yang baik dikaji secara teknis dari pembuatan sistem penyaliran tambang itu sendiri. Analisis data curah hujan harian dilokasi penelitian pada tahun 2010-2019 dengan menggunakan distribusi gumbel, diperoleh curah hujan rencana sebesar 138,26 mm/hari untuk periode ulang 5 tahun. Setelah dilakukan analisis terhadap daerah tangkapan hujan yang berpengaruh, didapatkan lokasi yang memerlukan saluran terbuka dan gorong-gorong. Masih terdapat dimensi saluran terbuka dan gorong-gorong yang belum sesuai dengan daerah tangkapan hujan yang berpengaruh berdasarkan hasil perhitungan. Sedimentasi berlebih pada inlet gorong-gorong terjadi akibat kondisi material di daerah penelitian yang didominasi oleh material sedimen yang mudah ter erosi serta kemiringan saluran terbuka yang >3% pada bagian hulu. Longsoran pada dinding saluran terbuka terjadi karena material pada dinding saluran terbuka merupakan material lemah dan mudah tererosi air. Selain itu dimensi kemiringan dinding yang terlalu curam (lebih dari 60o) juga berpengaruh terhadap longsoran yang terjadi. Sedimentasi berlebih pada inlet gorong-gorong dapat diminimalkan dengan membuat rancangan drop structure dan struktur pemecah aliran sedangkan longsoran pada dinding saluran terbuka dapat diminimalkan dengan membuat dimensi kemiringan dinding saluran terbuka tidak > 60o.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:23
Last Modified: 15 Apr 2021 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31059

Actions (login required)

View Item View Item