Sikap Anggota Kelompok Tani Terhadap Penyuluhan Pertanian dan Hubungannya dengan Partisipasi Mengikuti Program Penyuluhan Pertanian di Nagari Air Gadang

Yanti, Gustia (2021) Sikap Anggota Kelompok Tani Terhadap Penyuluhan Pertanian dan Hubungannya dengan Partisipasi Mengikuti Program Penyuluhan Pertanian di Nagari Air Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_GUSTIA_YANTI_16005062_800_2021.pdf

Download (890kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya partisipasi anggota kelompok tani dalam mengikuti program penyuluhan pertanian di Nagari Air Gadang. Diduga penyebab tingginya partisipasi anggota kelompok tani dalam mengikuti program penyuluhan pertanian adanya sikap yang positif dari anggota kelompok tani teerhadap program penyuluhan pertanian. Penelitian ini berlangsung untuk: 1) menggambarkan sikap anggota kelompok tani terhadap penyuluhan pertanian, 2) menggambarkan partisipasi anggota kelompok tani dalam mengikuti program penyuluhan pertanian, 3) melihat hubungan sikap anggota kelompok tani terhadap penyuluhan pertanian dan hubungannya dengan partisipasi mengikuti program penyuluhan pertanian di Nagari Air Gadang. Penelitian ini merupakan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan anggota kelompok tani Muda Bersatu yang berjumlah lima puluh dua orang dan yang dijadikan sampel sebanyak tiga puluh empat orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan rumus korelasi product moment Hasil penelitian ini menunjukan: 1) sikap anggota kelompok tani terhadap penyuluhan pertanian dikategorikan positif; 2)partipasi anggota kelompok tani mengikuti program penyuluhan pertanian dikategorikan sangat tinggi; 3)terdapat hubungan yang sangat signifikan antara sikap anggota kelompok tani terhadap penyuluhan pertanian dan hubungannya dengan partisipasi mengikuti program penyuluhan pertanian di Nagari Air Gadang. Saran penelitian yaitu: 1) diharapkan kepada pemerintah Nagari Air Gadang untuk dapat memperhatikan dan mendukung usaha-usaha yang dijalankan kelompok tani ; 2) diharapkan kepada kelompok tani Muda Bersatu untuk lebih meningkatkan partisipasi dalam mengikuti program penyuluhan pertanian supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal; 3) diharapkan peneliti selanjutnya dapat menemukan variabel lain yang berpengaruh terhadap partisipasi peserta dalam mengikuti program penyuluhan pertanian. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan korelasi menggunakan rumus produck momen yang menunjukan r hitung (0,922) lebih besar dari r tabel baik pada taraf kepercayaan 5% (0,339 )maupun kepercayaan 1% (0,436). Diharapkan kepada pihak penyuluh dan pihak penyelenggara untuk lebih lagi meningkatkan partisipasi peserta dalam kegiatan program penyuluhan pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31055

Actions (login required)

View Item View Item