Meningkatakan Keterampilan Pengucapan Kata Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Bagi Anak Berkesulitan Belajar di SD N 34 Siguntur Tua

Putri, Fifi Melani (2021) Meningkatakan Keterampilan Pengucapan Kata Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Bagi Anak Berkesulitan Belajar di SD N 34 Siguntur Tua. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_FIFI_MELANI_PUTRI_16003136_497_2021.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya permasalahan di SD N 34 Siguntur Tua. Permasalahan ditemukan terhadap seorang anak yang mengalami kesulitan belajar dengan kondisi anak sering menambahkan huruf dan menggantikan huruf dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan keterampilan pengucapan kata bagi anak berkesulitan belajar kelas IV di SD N 34 Siguntur Tua. Jenis penelitian ini eksperimen dalam bentuk single subject research dengan menggunakan desain A-B-A. penelitian ini dilakukan dalam tiga kondisi yaitu kondisi baseline I, intervensi, dan baseline II. Pengumpulan data pada kondisi baseline (A1) dilakukan sebanyak lima kali pengamatan. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC pada intervensi (B) yang dilakukan selama delapan kali pengamatan. Kemudian pada kondisi baseline II (A2) dilakukan sebanyak empat kali pengamatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes. Teknik analisis data menggunakan teknik visual grafik. Jadi berdasarkan hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan pengucapan kata bagi anak berkesulitan belajar di SD N 34 Siguntur Tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31054

Actions (login required)

View Item View Item