Persepsi Siswa Tentang Pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Negeri Kota Padang

Cahyanti, Fitri (2021) Persepsi Siswa Tentang Pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Negeri Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_FITRI_CAHYANTI_16002011_143_2021.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis tentang pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Negeri Kota Padang yang masih kurang optimal. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dengan menjawab pertanyaan penelitian yaitu seberapa baik persepsi siswa tentang waktu pelayanan, prosedur pelayanan, kesopanan, kehandalan serta kepastian pelayanan dari pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Negeri Kota Padang. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi adalah siswa kelas X dan XI SMK Teknik Negeri Kota Padang Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 2.058 orang. Sedangkan besaran sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling sebanyak 97 orang siswa. Instrumen Penelitian adalah angket model skala Likert dengan lima alternatif jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji coba kedua instrument menunjukkan dari 43 item pernyataan didapatkan bahwa 36 item dinyatakan valid, sedangkan 7 item lainnya dinyatakan tidak valid dan sudah diperbaiki serta uji reliabilitas menunjukkan bahwa rhitung lebih besar daripada rtabel yang berarti instrumen dinyatakan reliabel. Analisis data menggunakan rumus rata-rata (Mean). Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang waktu pelayanan UKS di SMK Teknik Negeri Kota Padang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,92 , (2) persepsi siswa tentang prosedur pelayanan UKS di SMK Teknik Negeri Kota Padang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,99 , (3) persepsi siswa tentang kesopanan pelayanan UKS di SMK Teknik Negeri Kota Padang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,04 , (4) persepsi siswa tentang kehandalan pelayanan UKS di SMK Teknik Negeri Kota Padang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,02 , (5) persepsi siswa tentang kepastian pelayanan UKS di SMK Teknik Negeri Kota Padang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,98. Dari keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Persepsi Siswa Tentang Pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Negeri Kota Padang sudah terlaksana dengan baik dengan skor 3.99. Berdasarkan hal tersebut penulis menyarankan agar Pelayanan UKS di Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Negeri Kota Padang lebih ditingkatkan dan diperhatikan lagi, terutama pada aspek waktu pelayanan UKS. Sehingga dapat memberikan kesan yang baik kepada siswa yang menerima pelayanan UKS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31053

Actions (login required)

View Item View Item