Upaya Menigkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Bermain Jemuran Kata Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas DIII/C di SLB Salsabilla Indah Ampang

Hanifah, Hanifah (2021) Upaya Menigkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Bermain Jemuran Kata Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas DIII/C di SLB Salsabilla Indah Ampang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_HANIFAH_1100317_548_2021.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan terdapatdua orangtunagrahita ringan kelas III di SLB Salsabilla Indah Ampang. yang mengalami permasalahan mengenai membaca kata namun anak sudah bisa mengenal huru A-Z, serta mulai bisa membaca dua suku kata namun masih salah membaca kata. Hal tersebut membuat anak masih memerlukan bimbingan oleh guru dalam membaca kata. Peneliti tertarik untuk membantu mengatasi permasalahan dalam membaca kata melalui metode bermain jemuran kata. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan tatap muka dan disetiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Penelitian ini peneliti lakukan dengan berkolaborasi dengan guru kelas. Siklus yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasidan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuananak dalam membaca kata mengalami peningkatan. Hal ini diperoleh melalui data penelitian yang telah dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca kata pada anak tunagrahita ringan dapat meningkat melalui bermain jemuran kata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31052

Actions (login required)

View Item View Item