Persepsi Siswa Kelas VII Terhadap Layanan Bimbingan Klasikal Di SMP Negeri 26 Padang

Syafitri, Intan Verly (2021) Persepsi Siswa Kelas VII Terhadap Layanan Bimbingan Klasikal Di SMP Negeri 26 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_INTAN_VERLY_SYAFITRI_16006135_199_2021.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

Idealnya BK klasikal dilaksanakan agar siswa aktif, kreaktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013. Kenyataannya guru BK masih saja memberikan layanan dengan metode ceramah, sehingga siswa keluar masuk dalam belajar, tidur-tiduran, berbicara sesama teman dan lain-lain. Dari wawancara dengan guru BK, pemberian layanan klasikal oleh guru BK sering dianggap oleh siswa sekedar ceramah yang membosankan dan tidak bermanfaat, serta banyak siswa yang kurang berminat untuk mengikuti layanan klasikal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa kelas VII terhadap layanan bimbingan klasikal di SMP Negeri 26 Padang yang diberikan oleh guru BK berkaitan dengan membuka layanan, metode layanan, media layanan, materi layanan, evaluasi layanan dan waktu layanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 26 Padang sebanyak 239 orang siswa, dan sampel penelitian sebanyak 149 orang siswa yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tentang persepsi siswa kelas VII terhadap layanan bimbingan klasikal di SMP Negeri 26 Padang model Skala Likert. Analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menggungkapkan bahwa: (1) Pembukaan layanan oleh guru BK termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Penggunaan metode oleh guru BK termasuk dalam kategori baik. (3) Penggunaan media oleh guru BK termasuk dalam kategori baik. (4) Pemberian materi layanan oleh guru BK termasuk dalam kategori baik. (5) Melakukan Evaluasi oleh guru BK termasuk dalam kategori sangat baik. (6) Waktu yang digunakan oleh guru BK termasuk dalam kategori kurang baik. Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada guru BK hendaknya bisa meningkatkan kualitas kinerja dengan lebih kreatif dan inovatif dalam membuka layanan, metode, media, materi layanan, evaluasi dan waktu layanan agar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31050

Actions (login required)

View Item View Item