Hubungan antara Konsep Diri dengan Arah Kematangan Karir Siswa di SMK Negeri 6 Padang

Pratiwi, Intan Desy (2021) Hubungan antara Konsep Diri dengan Arah Kematangan Karir Siswa di SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_INTAN_DESY_PRATIWI_16006026_195_2021.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Kematangan karir adalah kesiapan peserta didik untuk membuat keputusan-keputusan karir dengan tepat yang mencangkup aspek perencanaan karir, ekplorasi karir, informasi, pengambilan keputusan dan orientasi realitas. Salah satu faktor yang mempengaruhi arah kematangan karir siswa adalah konsep diri. Konsep diri adalah persepsi seseorang mengenai gambaran, penilaian, serta keyakinan terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa siswa yang belum mampu merencanakan masa depan karirnya dan ada beberapa siswa yang memiliki kayakinan bahwa keberhasilan yang didapatkan ditentukan oleh keberuntungan, kesempatan dan nasib. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan konsep diri, (2) mendeskripsikan arah kematangan karir siswa di sekolah serta (3) menguji hubungan antara konsep diri dengan arah kematangan karir siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskripsi korelasional, dengan sampel sebanyak 187 orang siswa SMK Negeri 6 Padang, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instruman yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disebar melalui aplikasi google froms. Dengan berpedoman skala likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Konsep diri berada dikategori cukup tinggi dengan frekuensi 51.34%, (2) arah kematangan karir siswa disekolah cenderung berada dikategori cukup matang dengan frekuensi 47,59%, dan (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan arah kematangan karir siswa dengan koefiisien korelasi 0,967 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan temuan ini diharapkan guru Bimbingan dan konseling/Konselor untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingan karir untuk membantu siswa dalam meningkatkan kematangan karirnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31048

Actions (login required)

View Item View Item