Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran lnkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Safitri, Olla (2021) Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran lnkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_OLLA_SAFITRI_16033076_874_2021.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan dengan negara lain. Indikasi rendahnya kualitas pendidikan Indonesia tersebut salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran yang akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang menjelaskan fenomena sehari-hari yang terjadi di alam. Pembelajaran Fisika tentunya hams memilih metode pembelajaran yang sesuai dan baik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Namun, beberapa masalah yang ditemukan di berbagai artikel terkait hasil belajar peserta didik diantaranya pembelajaran di sekolah cenderung berpusat pada pendidik, menggunakan metode konvensional, sehingga peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Jika hal ini terns terjadi maka akan berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu dibutuhkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik yang ditinjau dari jenjang pendidikan, dan materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Meta-analisis yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara merangkum data penelitian yang sejenis. Artikel dari penelitian ini terdiri dari 15 artikel yang telah memiliki ISSN.Instrument yang digunakan adalah kode kategori dan perhitungan ukuran efek.Langkah-langkah penelitian meta-analisis yaitu melakukan tinjauan pustaka, mengumpulkan data, mempelajari dan menilai artikel, menganalisis dan menafsirkan artikel dan menyusun hasil laporan. Teknik analisis sata yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung ukuran efek menggunakan rumus Glass (1981) berdasarkan rerata, standar deviasi, dan uji t. Dari analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan tiga hasil penelitian.Pertama, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang berarti jenjang pendidikan SMA dibandingkan pada jenjang pendidikan SMP dan SD. Kedua, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang berarti pada materi usaha dan kalor dengan rata-rata ukuran efek 3.03 . Ketiga, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan efek sangat tinggi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai ukura efek nya adalah 2.44

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31047

Actions (login required)

View Item View Item