Efektivitas Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Bagi Anak Tunagrahita Ringan (SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang)

Sari, Kena Gustika (2021) Efektivitas Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Bagi Anak Tunagrahita Ringan (SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_KENA_GUSTIKA_SARI_16003149_496_2021.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang ditemukan di SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang, terdapat seorang anak tunagrahita ringan tampak terdiam karena dalam membuat souvenir tidak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh guru dan untuk nama alat dan bahan masi ada yang anak tidak tau. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui efektifitas media video tutorial dalam meningkatkan keterampilan membuat souvenir dari saputangan handuk bagi anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen single subjeck research (SSR) dengan desain A-B-A. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan. Target behavior dalam penelitian ini adalah anak bisa melakukan langkah-langkah dalam membuat souvenir dari saputangan handuk dengan benar. Pengukuran variabel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan presentase dari jumlah poin dalam instrumen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan anak dalam membuat souvenir dari saputangan handuk terlihat dari kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan. Presentase yang diperoleh anak masih belum terlalu tinggi. Pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan, presentase yang diperoleh anak cenderung meningkat dari kondisi awal. Pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak tiga kali, anak memperoleh presentase yang meningkat dibanding dengan kemampuan awal anak. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa keterampilan anak tunagrahita ringan dalam membuat souvenir dari saputangan handuk dapat meningkat dengan menggunakan media video tutorial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31046

Actions (login required)

View Item View Item