Respon Perkecambahan Benih Padi Sawah iOryza sativa L. var. Sirandah Batuampa) Terhadap Pemberian Isolat Trichoderma spp."

Zani, Rahmi Zahra (2021) Respon Perkecambahan Benih Padi Sawah iOryza sativa L. var. Sirandah Batuampa) Terhadap Pemberian Isolat Trichoderma spp.". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RAHMI_ZAHRI_ZANI_17032114_643_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan varietas padi sawah lokal sangat diminati petani dibandingkan dengan padi varietas unggul karena sesuai dengan selera masyarakat dan masih tingginya permintaan akan beras padi sawah varietas lokal. Karena banyaknya permintaan varietas padi sawah lokal tidak sebanding dengan produksi padi sawah yang cenderung melandai, sehingga diperlukannya peningkatan produksi padi sawah lokal yaitu dengan benih bermutu. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan mutu benih adalah melakukan priming benih menggunakan teknik bio-priming yang memanfaatkan jamur Trichoderma spp .. Jamur Trichoderma spp. tergolong Plant Growth Promoting Fungi (PGPF) yang mampu memperbaiki pertumbuhan serta sebagai Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) berupa Jndole Asetic Acid (IAA), giberalin, dan sitokinin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon perkecambahan benih padi varietas sirandah batuampa terhadap pemberian isolat Trichoderma spp. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah perendaman benih dengan 5 jenis isolat Trichoderma spp. dan 1 kontrol yang direndam dengan aquadest. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan ANOV A. Apabila terdapat perbedaan nyata maka dilakukan uji lanjut DMRT dengan a=5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian isolat Trichoderma spp. tidak berpengaruh nyata terhadap persentase perkecambahan, kecepatan perkecambahan, dan indeks vigor benih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31044

Actions (login required)

View Item View Item