Penentuan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Kematian Ibu di Provinsi Sumatera Barat dengan Pendekatan Model Regresi Binomial Negatif

Anggelia, Riri (2021) Penentuan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Kematian Ibu di Provinsi Sumatera Barat dengan Pendekatan Model Regresi Binomial Negatif. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RIRI_ANGGELIA_17037057_1141_2021.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Kematian ibu merupakan suatu hal yang harus diperhatikan untuk menggambarkan kesejahteraan masyarakat, terutama negara berkembang seperti Indonesia. Angka kematian ibu menjadi salah satu indikator untuk melihat derajat kesehatan dan menilai kualitas pelayanan kesehatan. Angka Kematian ibu adalah jumlah kematian seorang perempuan yang tejadi saat hamil, bersalin atau 42 hari setelah persalinan. Jumlah kematian ibu di Provinsi Sumatera Barat mengalami peningkatan setiap tahunnya.Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model regresi binomial negatif, faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kematian ibu di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, data didapatkan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat tahun 2019. Pada penelitian ini yang menjadi variabel dependen (Y) yaitu jumlah kematian ibu di Provinsi Sumatera Barat dan variabel independennya (X) terdiri dari data persentase ibu hamil melaksanakan kunjungan Kl, jumlah ibu nifas mendapatkan vitamin A, persentase persalinan dibantu oleh tenaga kesehatan, persentase ibu hamil mendapatkan Fe 1, dan jumlah kehamilan beresiko tinggi. Analisis yang digunakan yaitu analisis Regresi Binomial Negatif. Hasil Penelitian menggunakan analisis Regresi Binomial Negatif diperoleh model yang terbentuk adalah sebagai berikut. u, = exp(0,9187 + 0,000069X2i + 0,000476X5a Berdasarkan model di atas, variabel yang memberikan kontribusi signifikan terhadap jumlah kematian ibu adalah jumlah ibu nifas mendapatkan vitamin A(X2)danjumlah kehamilan beresiko tinggi (X5).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31043

Actions (login required)

View Item View Item