Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang

Zikra, Ihsan Muhammad (2020) Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_IHSAN_MUHAMMAD_ZIKRA_14016064_1740_2020.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penguasaan kosakata siswa dikatakan masih minim. Hal tersebut mengakibatkan penggunaan kata yang tidak tepat dan tidak sesuai dalam menulis. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Ketiga, menganalisis kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Kontribusi dihitung dengan rumus koefisien determinan, menggunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 219 orang yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 136 orang dengan teknik propotional random sampling berdasarkan tabel bilangan sampel Isaac dan Michael. Variabel penelitian ini adalah penguasaan kosakata sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks berita sebagai variabel terikat (Y). Pengumpulan data dilakukan melalui tes penguasaan kosakata dan tes keterampilan menulis teks berita. Berdasarkan perolehan dan pengolahan data penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang berada pada kualifikasi lebih dari cukup pada rentang 66-75 dalam skala sepuluh dengan nilai 67,34. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang berada pada kualifikasi baik pada rentang 76-85 dalam skala sepuluh dengan nilai 81,43. Ketiga, penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang berkontribusi sebesar 4,06% terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa untuk terampil menulis teks berita dibutuhkan penguasaan kosakata yang cukup. Penguasaan kosakata yang cukup menjadi modal dasar bagi siswa agar siswa mampu mengungkapkan gagasannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:21
Last Modified: 15 Apr 2021 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31039

Actions (login required)

View Item View Item