Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dikombinasi dengan Teknik Operan Kertas IdeTerhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik

Yeni, Wanda Apri (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dikombinasi dengan Teknik Operan Kertas IdeTerhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WANDA_APRI_YENI_16031122_818_2020.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Permasalahan di SMAN 4 Padang yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, konsep pelajaran yang mudah lupa, dan rendahnya pendidikan karakter peserta didik serta belum diterapkanya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikombinasi dengan teknik operan kertas ide. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikombinasi dengan teknik operan kertas ide. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikombinasi dengan teknik operan kertas ide terhadap kompetensi belajar pesertadidikdiSMAN4Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 4 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Data dianalisis dengan menggunakanuji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen (83,08) lebih tinggi dari kompetensi pengetahuan kelas kontrol (75,88) dengan nilai thitung 2,22 > ttabel 1,67. Kompetensi sikap peserta didik kelas eksperimen (82,25) lebih tinggi dari kompetensi sikap kelas kontrol (72,25) dengan nilai thitung 4 > ttabel 1,67. Kompetensi keterampilan peserta didik kelas eksperimen (83,66) lebih tinggi dari kompetensi keterampilan kelas kontrol (78,56) dengan nilai thitung 2,33 > ttabel 1,67. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikombinasi dengan teknik operan kertas ide berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMAN 4 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:53
Last Modified: 14 Apr 2021 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31034

Actions (login required)

View Item View Item