Penerapan Metode CHAID Untuk Pengklasifikasikan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif Lulusan Wisudawan FMIPA Periode 114 dan 115 Universitas Negeri Padang

Yunaidi, Meggi Azzahra (2021) Penerapan Metode CHAID Untuk Pengklasifikasikan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif Lulusan Wisudawan FMIPA Periode 114 dan 115 Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_MEGGI_AZZAHRA_YUNAIDI_16037024_732_2020.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Pendidikan tinggi adalah jenjang pendidikan setelah menengah atas yang mencakup Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, dan Spesialis. UNP merupakan Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera Barat yang memiliki Program Diploma hingga Doktor. Salah satu tolak ukur yang digunakan dipendidikan tinggi adalah indeks prestasi kumulatif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi kumulatif yaitu: jenis kelamin, metode belajar, lama belajar, asal daerah, tempat tinggal, keaktifan organisasi, beasiswa, jalur masuk, pekerjaan ayah, dan pekerjaan ibu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi signifikan dalam IPK kelulusan wisuda FMIP A periode 114 dan 115. Analisis CHAID adalah analisis data kategorik untuk mengetahui klasifikasi faktor yang mempengaruhi IPK lulusan wisudawan FMIP A periode 114 dan 115 UNP. Data penelitian ini adalah data primer dari pengisian kuisioner melalui google form oleh wisuda FMIP A periode 114 dan 115 UNP. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 254 orang wisuda. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Hasil dari penelitian menggunakan metode CHAID menghasilkan diagram pohon yang terdiri dari 5 segmen dengan variabel yang signifikan yang memiliki hubungan yaitu IPK terhadap beasiswa, tempat tinggal, jalur masuk, dan lama belajar dimana klasifikasi tersebut adalah: Segmen ke-1: Wisudawan yang tidak pemah menerima beasiswa dan tinggal dirumah sewa. Segmen ke-2: Wisudawan yang tidak pemah menerima beasiswa dan tinggal bersama keluarga. Segmen ke-3: Wisudawan yang pemah menerima beasiswa dengan jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN. Segmen ke-4: Wisudawan yang pemah menerima beasiswa dengan jalur masuk Mandiri dan waktu belajar 2:2 jam. Segmen ke-5: wisudawan yang mendapatkan pemah menerima beasiswa denganjalur masuk Mandiri dan waktu belajar < 2 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:53
Last Modified: 14 Apr 2021 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31033

Actions (login required)

View Item View Item