Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Concept Map dengan Model Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Usaha, Energi, Impuls dan Momentum Kelas X SMA

Tanjung, Nofia (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Concept Map dengan Model Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Usaha, Energi, Impuls dan Momentum Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NOFIA_TANJUNG_16033022_1050_2021.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik yang belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya minat baca peserta didik terhadap bahan ajar yang mereka gunakan sehingga tidak dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar serta tidak dapat menimbulkan rasa ingin tahu peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Untuk itu dibutuhkan inovasi barn dalam pembuatan bahan ajar. Salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar berbasis Concept Map dengan model Problem Based Instruction. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D) dengan model 4D dari Thiagrajan dengan 4 tahapan utama yaitu : Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyeberluasan). Penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga yaitu develop. Objek dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis Concept Map dengan model PBI pada materi usaha, energi, impuls dan momentum kelas X SMA. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket UJI validitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji validitas yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat dikemukakan basil penelitian ini yang menunjukkan Bahan ajar fisika berbasis Concept Map dengan Model PBI ini memiliki nilai validitas 84, 1 % dengan kriteria sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:53
Last Modified: 14 Apr 2021 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31030

Actions (login required)

View Item View Item