Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Konsep Map Menggunakan Model Modified Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Gelombang SMA

Muthoharatunnisa, Muthoharatunnisa (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Konsep Map Menggunakan Model Modified Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Gelombang SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MUTHOHARATUNNISA_16033019_1092_2021.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir berpikir kreatif siswa di Indonesia, merupakan hal yang hams menjadi perhatian khususnya dalam dunia pendidikan. Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif tersebut siswa perlu difasilitasi dengan perangkat pembelajaran yang menunjang. Salah satunya dengan adanya LKPD berbasis konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis konsep map menggunakan model modified inquiry. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis konsep map menggunakan model modified inquiry pada materi gelombang SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan tahapan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini akan dibatasi sampai tahapan develop, sehingga hanya melalui 3 tahapan yaitu define, design, dan develop. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis konsep map model modified inquiry. Data yang didapatkan dari penelitian ini berasal dari uji validitas melalui lembar validitas. Lembar validitas berisi empat komponen yang dinilai oleh tiga validator. Data yang didapatkan dari para validator diolah menggunakan persamaan moment kappa (k), dan didapatkan basil 0, 70 yang termasuk dalam kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis konsep map menggunakan model modified inquiry pada materi gelombang SMA adalah valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:53
Last Modified: 14 Apr 2021 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31029

Actions (login required)

View Item View Item