Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Peta Konsep Menggunakan Pendekatan STEM dengan Model PBL pada Materi Gelombang Mekanik dan Stasioner untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik

Mela, Minda Misda (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Peta Konsep Menggunakan Pendekatan STEM dengan Model PBL pada Materi Gelombang Mekanik dan Stasioner untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MINDA_MISDA_MELA_16033018_924_2021.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi karena terdapat masih kurangnya sumber belajar yang digunakan untuk melatih kemampuan berfikir kreatif dan menarik minat peserta didik untuk mempelajari pelajaran fisika di sekolah, yang berakibat rendahnya minat dan kemapuan berfikir peserta didik pada pelajaran fisika. Oleh sebab itu, peneliti mencoba mengembangkan bahan ajar fisika berbasis peta konsep menggunakan pendekatan STEM dengan model PBL sebagai upaya untuk menarik minat peserta didik dalam mempelajari fisika dan melatih kemampuan berfikir kreatifnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar fisika berbasis peta konsep menggunakan pendekatan STEM dengan model PBL yang valid untuk digunakan. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D dari Thiagarajan dengan 4 tahapan utama yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai 3 tahapan awal, sehingga untuk tahap Disseminate tidak dilakukan. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini berupa bahan ajar fisika berbasis peta konsep menggunakan pendekatan STEM dengan model PBL pada materi gelombang mekanik dan gelombang stasioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket lembar validitas yang diisi oleh 3 orang dosen ahli yang kemudian hasil validasi tersebut akan dianalisis menggunakan persamaan momen kappa (k) untuk mengetahui tingkat kevalidan dari bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis menggunakan momen kappa (k), bahan ajar yang dikembangkan tersebut memperoleh hasil rata-rata momen kappa sebesar 0.84 dengan kategori sangat tinggi. Sehingga dapat diartikan bahan ajar fisika berbasis peta konsep menggunakan pendekatan STEM dengan model PBL pada materi gelombang mekanik dan stasioner untuk melatih kemampuan berfikir kreatif peserta didik valid untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:53
Last Modified: 14 Apr 2021 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31027

Actions (login required)

View Item View Item