Pengaruh Aplikasi Isolat Trichoderma spp. terhadap Perkecambahan Benih Padi Sawah ( Oryza sativa L. var. Cisokan balang)

Widiyasri, Nurul Fajri (2021) Pengaruh Aplikasi Isolat Trichoderma spp. terhadap Perkecambahan Benih Padi Sawah ( Oryza sativa L. var. Cisokan balang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_NURUL_FAJRI_WIDIYASRI_17032110_592_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsumsi padi di Indonesia setiap tahunnya meningkat tetapi produksi padi di Indonesia masih sangatlah rendah, oleh karena itu pemerinah merencanakan pertanian organik yang berjuan untuk meningkatkan produksi padi, salah satu upaya peningkatan produksi dengan pertanian organik dengan melakukan biofertilizer. Biofertilizer merupakan upaya peningkatan pertumbuhan tanaman dengan bantuan Plant Growth Promoting Fungi (PGPF). Jamur yang termasuk kedalam PGPF diantaranya adalah Trichodrma. Trichoderma merupakan salah satu jamur yang banyak diteliti belakangan ini, hal ini dikarenakan Trichoderma mampu membantu memacu pertumbuhan tanaman dengan menghasilkan ZPT berupa IAA, giberalin dan sitokinin yang secara langsung memacu pertumbuhan tanaman yang dapat ditemui di tanah hutan maupun tanah pertanian. Penelitian ini merupakan penelitia eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. 6 perlakuan terdiri dari 5 perlakuan dengan aplikasi Trichoderma spp. dari 5 rizosfer padi dan 1 perlakuan untuk kontrol (tanpa aplikasi Trichoderma spp.). Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji ANOVA dan bila hasil di peroleh menunjukkan beda nyata maka akan di lanjutkan menggunakan uji lanjut DMRT pada taraf nyata 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi isolat Trichoderma spp. terhadap persentase perkecambahan benih padi sawah ( Oryza sativa L. var. Cisokan balang) tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan benih padi dengan parameter persentase perkecambahan, kecepatan perkecambahan dan indeks vigor benih padi sawah var. Cisokan balang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:52
Last Modified: 14 Apr 2021 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31026

Actions (login required)

View Item View Item