Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 8 Padang

Yerman, Viona Zikra (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_VIONA_ZIKRA_YERMAN_1305743_264_2020.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Pencapaian hasil belajar pada mata pelajaran Fisika siswa yang belum optimal disebabkan karena siswa kurang dilibatkan dalam mendapatkan konsep pembelajaran fisika. Disamping itu penggunaan model yang dipakai dalam belajar masih belum beragam dan bahan ajar belum sepenuhnya digunakan. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sebagai salah satu alternative dalam mengatasi kebosanan siswa dalam PBM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMAN 8 Padang. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIPA 1 - X MIPA 5 yang diajar oleh guru yang sama dengan jumlah jam yang sama di SMAN 8 Padang yang terdaftar pada tahun 2019/2020. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik purposive sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data hasil belajar siswa untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Instrumen penelitian adalah tes tulis untuk mengukur kompetensi pengetahuan dengan instrument soal pilihan ganda dan lembar penilaian unjuk kerja untuk mengukur kompetensi keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar Fisika untuk kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen 79,69 dan kelas kontrol 76,19. Sementara itu untuk kompetensi keterampilan kelas eksperimen 83,05 dan kelas kontrol 77,83. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap pencapaian kompetensi Fisika siswa kelas X SMAN 8 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:24
Last Modified: 13 Apr 2021 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31015

Actions (login required)

View Item View Item