Efektivitas LKS Berorientasi Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian HOTS Siswa pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Kelas X SMAN 2 Pariaman

Pratama, Dara Putri (2021) Efektivitas LKS Berorientasi Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian HOTS Siswa pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Kelas X SMAN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DARA_PUTRI_PRATAMA_16033008_1176_2020.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk mampu berpikir kritis, problem solving, berkomunikasi, bekerjasama, serta menciptakan dan memperbaharui. Dalam menyikapi tuntutan abad ke-21 pemerintah merancang suatu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan melakukan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Hal ini dapat terlihat dengan perubahan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan pendidikan. Kurikulum 2013 Revisi 2017 menekankan pada kemampuan berpikir kritis dalam proses belajar. Fisika adalah mata pembelajaran yang dapat menghasilkan generasi muda yang produktif, kreatif, inovatif. Pelajaran fisika menuntut siswa dapat memahami dan memecahkan permasalahan lingkungan yang ada dikehidupan nyata. Dengan kemampuan berfikir kritis, kreatif, bekerjasama, dan berkomunikasi dapat dikembangkan untuk membekali siswa dalam menghadapi tantangan dalam abad 21. Namun, kondisi nyata di sekolah menunjukkan bahwa pelajaran fisika belum berjalan optimal. Untuk membantu proses belajar mengajar diperlukan sumber belajar. Salah satu sumber belajar yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah bahan ajar dalam bentuk lembar kerja siswa yang berorientasi HOTS dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Desain yang digunakan pada penelitan ini One group pretest posttest design. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji N- gain dan one sampel t- test. Hasil penelitian menunjukkan LKS ini dinyatakan efektif sebagai inovasi pembelajaran berdasarkan indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu menganalisis (C4) dan mencipta (C6) masuk dalam kategori tinggi dengan N-gain 0,70 sedangkan untuk mengevaluasi diperoleh diperoleh Ngain 0,72. Efektivitas LKS berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi terbukti berpengaruh untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi berdasarkan perolehan hasil menggunakan effect size sebesar 0,6 untuk menganalisis dan mengevaluasi sedangkan untuk mencipta yaitu sebesar 0,7

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:24
Last Modified: 13 Apr 2021 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31014

Actions (login required)

View Item View Item