Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Padang

Ridwan, Leny Arlinda (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LENY_ARLINDA_RIDWAN_15031109_520_2020.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas penelitian, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen berupa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, sedangkan pada kelas kontrol diberikan model pembelajaran direct instruction. Permasalahan yang masih sering muncul saat pembelajaran adalah rendahnya kompetensi belajar peserta didik pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe Picture and Picture terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik sehingga dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas X SMA Negeri 3 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih Kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan. Data ini di analisis menggunakan uji t. Perbandingan nilai peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada kompetensi pengetahuan pada materi Protista adalah 86,00>82, 14 dan pada materi Jamur 85,57>81,57, sedangkan pada kompetensi sikap pada materi protista adalah 84,40 >81,40, dan pada materi Jamur 83,57>80,91 dan pada kompetensi keterampilan pada materi protista adalah 86,14>82,00 dan pada materi jamur 85,71>82,57. Hal ini menunjukkan hipotesis diterima pada kompetensi belajar peserta didik kompetensi dimana didapatkan thitung>t1abel• Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik di kelas X MIASMA Negeri 3 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:24
Last Modified: 13 Apr 2021 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31012

Actions (login required)

View Item View Item