Potensi Antimikroba Formulasi Obat Kumur yang Mengandung EkstrakMetanol Produk Fermentasi Bakteri Endofit Andalas (Morus macroura Miq.)

Rahayu, Ratih (2021) Potensi Antimikroba Formulasi Obat Kumur yang Mengandung EkstrakMetanol Produk Fermentasi Bakteri Endofit Andalas (Morus macroura Miq.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RATIH_RAHAYU_16032078_228_2020.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Kandungan alkohol dalam formula obat kumur masih menjadi perdebatan bagi penggunanya. Obat kumur yang mengandung alkohol dapat berkontribusi pada peningkatan risiko kanker mulut, sehingga dibutuhkan senyawa aktif alami sebagai antiseptik dalam obat kumur. Senyawa antimikroba alami dapat diperoleh dari bakteri endofit Andalas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi antimikroba formulasi obat kumur yang mengandung ekstrak metanol produk fermentasi bakteri endofit Andalas. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu uji aktivitas antimikroba ekstrak dan uji aktivitas antimikroba formula obat kumur. Senyawa aktif dari produk fermentasi diekstraksi menggunakan pelarut metanol. Pengujian ekstrak isolat B.J.T.A.2.1 dilakukan menggunakan RAL, dengan 6 perlakuan berupa konsentrasi ekstrak 50%, 25%, 12,5%, 6,25%, dan 3, 125%. Menggunakan rancangan yang sama, ekstrak metanol produk fermentasi bakteri endofit Andalas isolat ATB.1o-6 diuji pada konsentrasi 50%, 25%, 12,5%, dan 6,25%. Perlakuan untuk uji formula obat kumur adalah: ekstrak antijamur 25%, konsentrasi ekstrak antibakteri 25%, kombinasi ekstrak antijamur dan antibakteri konsentrasi 25%, serta kombinasi ekstrak antijamur dan antibakteri konsentrasi 12,5%. Aktivitas antimikroba diujikan pada Streptococcus mutans dan Candida albicans dengan metode difusi kertas cakram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol produk fermentasi bakteri endofit Andalas isolat B.J.T.A.2.1 dan isolat ATB.10-6 mampu menghambat pertumbuhan mikroba masing-masingnya pada S. mutans dan C. albicans dengan konsentrasi terbaik 12,5%. Formula obat kumur ekstrak metanol produk fermentasi bakteri endofit Andalas berpotensi menghambat pertumbuhan mikroba patogen dalam rongga mulut. Formula 1 berpotensi menghambat C. albicans dan F2 berpotensi menghambat pertumbuhan S. mutans.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:23
Last Modified: 13 Apr 2021 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31006

Actions (login required)

View Item View Item