Pengembangan Somber Belajar Berbasis Blog Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang

Sari, Lovanda (2021) Pengembangan Somber Belajar Berbasis Blog Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LOVANDA_SARI_1301335_782_2020.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berbasis blog pada pembelajaran matematika kelas XI MIP A SMA, menentukan tingkat validitas dan tingkat praktikalitas sumber belajar berbasis blog pada pembelajaran matematika kelas XI MIP A SMA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan, atauResearch and Development (R&D), dengan Model ASSURE. Produk yang dihasilkan adalah blog yang berisi RPP dan materi pembelajaran matematika, Barisan dan Deret. Sumber belajar berbasis blog divalidasi oleh tiga orang dosen jurusan matematika, yaitu dua orang ahli perangkat pembelajaran, dan ahli materi, serta satu orang ahli media. Tingkat kepraktisan sumber belajar berbasis blog ditentukan oleh dua orang guru matematika dan 34 peserta didik kelas XI MIP A 7 SMA N egeri 2 Padang. Pengumpulan data dalam dilakukan melalui pengisian angket. Hasil penelitian ini adalah sumber belajar berbasis blog pada pembelajaranmatematika kelas XI MIP A SMA yang dikembangkan berdasarkan prosedur Model ASSURE, yaitu analyze learners;state objectives.select methods, media, and materials.utilize materials.require learners' participation; dan evaluate and revise. Sumber belajar berbasis blog dapat diakses pada httpt//www.matematika­ smaxi.blogspot.com/. Validasi yang dilakukan oleh ahli perangkat pembelajaran memiliki nilai akhir 83,7% (kategorisangat valid), oleh ahli materi memiliki nilai akhir 82,31 % (kategori sangat valid), dan oleh ahli media memiliki nilai akhir 93,33% (kategorisangat valid). Praktikalitas yang dilakukan oleh guru memiliki nilai akhir 94,29% (kategori sangat praktis ), dan oleh peserta didik memiliki nilai akhir 80,83% (kategori sangat praktis). Dengan demikian, sumber belajar berbasis blog pada pembelaj aran matematika kelas XI MIP A SMA sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2021 03:07
Last Modified: 13 Apr 2021 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30992

Actions (login required)

View Item View Item