Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Pariaman

Sidiqa, Deby Aulia (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_1_DEBY_AULIA_ SIDIQA_14029056_995_2020.docx

Download (9kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan dasar dalam tujuan pembelajaran sehingga nantinya peserta didik akan dapat memahami tujuan pembelajaran matematika yang lainnya. Namun, diperoleh fakta bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP N egeri 9 Pariaman masih rendah. Hal ini disebabkan selama proses pembelajaran peserta didik kurang berpartisipasi aktif dan menganggap pembelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 9 Pariaman tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian adalah kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep matematika. Data pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji-t Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika diperoleh P-value = 0,015 kurang dari a= 0,05, artinya pemahaman konsep matematika peserta didik yang menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:16
Last Modified: 12 Apr 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30985

Actions (login required)

View Item View Item